Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat dan Menaruh Burung Kenari yang Baik dan Benar

Inilah cara merawat dan menaruh burung kenari yang baik dan benar


Cara Merawat dan Menaruh Burung Kenari yang Baik dan Benar



Sahabat HadCoe, saya mau menceritakan sejenak dulu ya, mengapa harus menaruh burung kenari yang baik dan benar?

Mari kita lihat di bawah ini.

Seharusnya menaruh burung kenari di gantung yang tinggi (sekitar 2 meter dari permukaan tanah), dan lebih aman. Hindari burung kenari (bersama sangkarnya) dari segala macam malapetaka, seperti pencurian, terjatuh (bersama sangkarnya), tertelan hewan predator (seperti kucing, musang, ular, dan sebagainya), tersengat serangga penyengat (seperti kalajengking, kelabang, tawon, lebah, dan sebagainya), terpatuk unggas penganggu (seperti ayam, bebek dan angsa), terkena bahan kimia (seperti pestisida, insektisida, obat nyamuk, obat tanaman, pupuk cair dan sebagainya), gas beracun, asap kendaraan bermotor (tepi jalan raya), asap pabrik, tempat berdebu dan sejenis api (kebakaran).

1. Mengeluarkan burung kenari dari rumahnya 

Kalau pagi, burung kenari biasanya dikeluarkan pada jam 05.30 (untuk diembunkan) dan digantung ke pohon yang ada gantungan (sekitar 2 meter dari permukaan tanah). Kalau sore (sekitar jam 17.30 atau terjadi hujan), burung kenari harus dimasukkan ke dalam rumah.

Jangan mngeluarkan burung kenari dalam kondisi cuaca buruk, seperti angin kencang, hujan petir, dan sebagian besar musim dingin.

2. Penjemuran Kenari setelah dikeluarkan 

Penjemuran sebaiknya dimulai pada jam 07.00 sepanjang 1-3 jam dan maksimal jam 10.00, bergantung dari situasi burung. Jika burung kenari telah tampak gelisah ataupun mulutnya terbuka (mangap-mangap), jadi penjemuran baiknya sebaiknya dihentikan. Hindari penjemuran yang terlalu lama lantaran bakal membahayakan burung tersebut, hal yang paling buruk dapat mengakibatkan burung kenari cepat tak berdaya dan mudah mati. Jangan melakukan penjemuran saat cuaca buruk.

3. Lakukan perawatan burung kenari secara teratur

Burung kenari biasanya suka makan biji-bijian secara terus-menerus. Berikan pakan burung kenari sebanyak 3 sendok makan atau seperempat dari wadah pakan, jangan banyak-banyak (kalau saya, setiap Minggu, Rabu dan Jum’at untuk pemberiak pakan). 

Setelah itu, kotoran burung kenari dari sangkarnya harap dibersihkan setiap seminggu sekali. Jangan lupa rawat burung kenari setiap waktunya.

Lihat tutorialnya





Seperti itulah cara menaruh burung kenari yang baik dan benar. Selamat mencoba.

Lihat artikel selengapnya disini.

Ditulis Oleh Iskandar Idrish

Terima Kasih

Gambar Soloan Spektakuler, Gambar Siswa-siswi SMA Negeri 1 Ngrambe

Lokasi: Geduro - Gedoro, Cepoko, Ngrambe, Ngawi, Jatim

Lihat Situs Blog Lain

 

Posting Komentar untuk "Cara Merawat dan Menaruh Burung Kenari yang Baik dan Benar"